Senin, 16 Oktober 2017

VI. Alat-alat Pengembangan Sistem


·         Data Flow Diagram
Digunakan untuk menggambarkan suatu system yang telah ada atau system baru yang akan dikembangakn secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir (misalnya lewat telpon, surat dan sebagainya) atau lingkungan fisik dimana data tersebut akan di simpan (misalnya file, kartu, mcrifile, harddisk, tape, diskette dan lain sebagainya).


·         Sistem Prosedur Diagram (Flowmap)
Flowmap adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program.
Cara-cara membuat flowmap, yaitu: seorang analisis dan programme akan membuat flowmap ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti: flowmap digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya. Kapan aktifitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
Setiap langkah dari aktifitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja, misalkan MENGHITUNG PAJAK PENJUALAN. Setiap langkah dari aktifitas harus berada pada urutan yang benar. Lingkup dari range dari aktifitas harus ditelusuri dengan hati-hati, percabangan-percabangan yang memotong aktifitas yang memotong aktifitas yang sedang digambarkan pada flowmap yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakkan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar