Senin, 16 Oktober 2017

V. Pendekatan Pengembangan Sistem

      Pengembangan sistem merupakan penyusunan sistem yang baru untuk menggantiakn sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada.
Indikator diperlukannya pengembangan sistem:
a.       Keluhan pelanggan
b.      Pengiriman barang yang sering tertunda
c.       Pembayaran gaji yang terlambat
d.      Laporan yang tidak tepat waktu
e.      Isi laporan yang sering salah, dll
Pendekatan Pengembangan Sistem
1.       Pendekatan Klasik
Disebut juga dengan pendekatan tradisional atau pendekatan konvensional. Metodologi pendekatan klasik mengembangkan sistem dengan mengikuti tahapan pada System Life Cycle.
2.       Pendekatan Terstruktur
Pendekatan ini dilengkapi alat-alat dan teknik-teknik yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem, sehingga hasil akhir dari sistem yang dikembangkan akan didapatkan sistem yang strukturnya didefinisikan dengan baik dan jelas.
3.       Pendekatan dari Bawah ke Atas (Buttom-Up Approach)
 Pendekatan ini dimulai dari perumusan kebutuhan-kebutuhan untuk menangani transaksi dan naik ke level atas dengan merumuskan kebutuhan informasi berdasarkan transaksi tersebut.
4.       Pendekatan dari Atas ke Bawag (Top-Down Approach)
 Dimulai dengan mendefinisikan sasaran dan kebijaksanaan organisasi selanjutnya dilakukan analisis kebutuhan informasi, kemudian proses turun ke pemrosesan transaksi yaitu penentuan outpu, input, basis data, prosedur-prosedur operasi dan kontrol.
5.       Pendekatan Sepotong (piecemeal approach)
Pengembangan yang menekankan pada suatu kegiatan/alokasi tertentu tanpa memperhatikan posisinya di sistem informasi atau tidak memperhatikan sasaran organisasi secara global

Tidak ada komentar:

Posting Komentar