Senin, 16 Oktober 2017

III. Konsep Dasar Sistem Informasi

1.       Definisi Sistem Informasi
Suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang di perlukan.
2.       Jenis-jenis Sistem Informasi
·         Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi yg menyajikan berbagai bentuk laporanyang diperlukan manajemen untuk          analisi dan pengambilan keputusan. Menggunakan database untuk menyimpan hasil olahan transaksi oleh TPS.
·         Executive Informatian System (Sistem Informasi Eksekutif)
ESS membantu para eksekutif atau manajemen tingkat strategis dalam mengatur interaksi mereka dengan lingkungan eksternal, memberikan berbagai informasi yang terkait dengan masalah-masalah strategis dan pengambilan keputusan yang tidak terstruktur.
·         Sistem Informasi Akuntansi
SIA adalag kumpulan sumber daya yang dirancanga untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi.
·         Sistem Informasi Keuangan
Sistem yang mendukung bagian keuangan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut persoalan masalah keuangan.
·         Sistem Informasi Manufaktur
Sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang mencakup seluruh kegiatan perusahaan.
·         Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
Sistem informasi yang menyediakaninformasi yang dipakai oleh pihak personalia.
3.       Komponen-komponen Sistem Informasi
·         Perangkat Keras (Hardware)                  :               Mencakup peranti-peranti fisik seperti komputer dan printer.
·         Perangkat Lunak (Software)                  :               Sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
·         Prosedur                                                        :               Sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang di kehendaki.
·         Orang                                                               :               Semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem informasi.
·         Basis data (Database)                                                :               Sekumpulan tabel, hubungan dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.
·         Jaringan komputer&komunikasi data :               Sistem penghubung yang memungkinkan sesumber (resources) dipakai secara bersama atau di akses oleh sejumlah pemakai.
4.       Peranan Utama Sistem Informasi
Mendukung operasi bisnis >> Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistem informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi/kegiatan bisnis sehari-hari. Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi penting maka kemampuan Sistem Informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi ke berbagai bisnis menjadi kritis/penting.
Mendukung pengambilan keputusan managerial >> Sistem informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manager mengidentifikasi kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem informasi akan membantu para manager membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat dan lebih bermakna.
Mendukung keunggulan strategis >> Sistem informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran strategis perusahaan dapat menciptakan keunggulan bersaing dipasar.
Peranan Sistem Informasi
Meningkatkan layanan secara global/menyeluruh, antara lain:
1.       Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global (melakukan penngelolaan dan pengawasan pasar global).
·         Pengawasan tingkat pelayanan dan tingkat biaya, pelayanan penyebaran informasi dengan menggunakan global network.
·         Perencanaan strategi perusahaan dan kebijakan (mengetahui selera konsumen atau pasar di tempat lain).
·         Pengambilan keputusan untuk pengembangan produk dan ekspansi (dengan adanya strategi perusahaan makan akan bisa mengembangkan produk dan mampu bersaing di pasar global  dan terbentuk kelompok kerja yang meluas dan membentuk sistem delivery yang luas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar