1.
Definisi Sistem Informasi
Suatu sistem di
dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi
harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu
organisasi menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang di
perlukan.
2.
Jenis-jenis Sistem Informasi
·
Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi yg
menyajikan berbagai bentuk laporanyang diperlukan manajemen untuk analisi dan pengambilan keputusan.
Menggunakan database untuk menyimpan hasil olahan transaksi oleh TPS.
·
Executive Informatian System
(Sistem Informasi Eksekutif)
ESS membantu para
eksekutif atau manajemen tingkat strategis dalam mengatur interaksi mereka
dengan lingkungan eksternal, memberikan berbagai informasi yang terkait dengan
masalah-masalah strategis dan pengambilan keputusan yang tidak terstruktur.
·
Sistem Informasi Akuntansi
SIA adalag kumpulan
sumber daya yang dirancanga untuk mentransformasikan data keuangan menjadi
informasi.
·
Sistem Informasi Keuangan
Sistem yang
mendukung bagian keuangan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut persoalan
masalah keuangan.
·
Sistem Informasi Manufaktur
Sistem yang digunakan untuk mendukung
fungsi produksi yang mencakup seluruh kegiatan perusahaan.
·
Sistem Informasi Sumber Daya
Manusia
Sistem informasi yang
menyediakaninformasi yang dipakai oleh pihak personalia.
3. Komponen-komponen Sistem Informasi
·
Perangkat Keras (Hardware) : Mencakup peranti-peranti fisik seperti komputer dan
printer.
·
Perangkat Lunak (Software) : Sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras
untuk dapat memproses data.
·
Prosedur : Sekumpulan aturan yang dipakai
untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang di kehendaki.
·
Orang : Semua pihak yang bertanggung
jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan keluaran
sistem informasi.
·
Basis data (Database) : Sekumpulan tabel, hubungan dan
lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.
·
Jaringan komputer&komunikasi
data : Sistem
penghubung yang memungkinkan sesumber (resources) dipakai secara bersama atau
di akses oleh sejumlah pemakai.
4. Peranan Utama Sistem Informasi
Mendukung operasi bisnis >>
Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistem
informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi/kegiatan bisnis
sehari-hari. Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi penting maka kemampuan
Sistem Informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi ke
berbagai bisnis menjadi kritis/penting.
Mendukung pengambilan keputusan
managerial >> Sistem informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk
membantu manager menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama
dapat membantu para manager mengidentifikasi kecenderungan dan untuk
mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem informasi akan membantu
para manager membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat dan lebih bermakna.
Mendukung keunggulan strategis
>> Sistem informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran
strategis perusahaan dapat menciptakan keunggulan bersaing dipasar.
Peranan Sistem Informasi
Meningkatkan layanan secara
global/menyeluruh, antara lain:
1. Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global (melakukan
penngelolaan dan pengawasan pasar global).
·
Pengawasan tingkat pelayanan dan
tingkat biaya, pelayanan penyebaran informasi dengan menggunakan global
network.
·
Perencanaan strategi perusahaan
dan kebijakan (mengetahui selera konsumen atau pasar di tempat lain).
·
Pengambilan keputusan untuk
pengembangan produk dan ekspansi (dengan adanya strategi perusahaan makan akan
bisa mengembangkan produk dan mampu bersaing di pasar global dan terbentuk kelompok kerja yang meluas dan
membentuk sistem delivery yang luas)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar